-->

List

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Datang di Blog Guru SDN 27 Lawang Kidul Tanjung Enim Sumatera Selatan

Pindah Data DAPODIK ke Laptop Baru

Cara Memindahkan Data Dapodikdas

Cara Memindahkan Data Dapodikdas - Banyak sekali kendala ketika kita sedang memasukkan data dapodikdas di komputer atau laptop kita, namun sering dipakainya laptop atau komputer kita mengakibatkan komputer atau laptop kita menjadi lambat, lemoooot dan lain lain. Sedangkan data yang kita input sudah terlanjur di komputer atau laptop itu. Pertanyaannya bagaimana cara memindahkan data dapodikdas dari komputer lama ke komputer yang baru ? Jangan khawatir, saya punya solusinya kok.

Jika anda ingin memindahkan data dapodikdas dari komputer satu ke komputer yang lainnya, maka ikuti langkah langkah berikut ini dengan benar. Sehingga anda tidak susah susah input dari awal lagi. langsung saja yuk mari....

Sebelumnya jika aplikasi dapodikdas anda masih versi lama anda bisa mendownload aplikasi dapodikdas versi 2.0.8 yang bisa anda download disini. 

Jika anda ingin update versi langkah langkahnya bisa anda baca di update dapodik terbaru.

Langkah Awal 
Siapkan charger dan kopi dulu...siapa tahu laptop anda ngedropan hehehe...

1. Buka local disc - drive “C” ==> "Program Files".


2. Selanjutnya, cari folder “Dapodikdas”, lalu "copy and paste" folder "Dapodikdas” tersebut ke media penyimpanan Anda (flashdisc, CD, dst).


3. Tahap awal penyelamatan data untuk tahap pertama selesai.


Tahap Pemindahan

Selanjutnya, bagaimana cara restore data base pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada komputer/PC 2 (komputer/laptop yang baru), Langkah pertama, Laptop / komputer yang akan digunakan untuk merestore data aplikasi Dapodikdas 2013/2014 harus diinstall terlebih dahulu aplikasi Dapodikdasnya dengan versi terbaru, ingat...!!! Sebelum proses install aplikasi Dapodikdas, data prefilled (prefill) terlebih dahulu ditempatkan pada drive "C", dengan nama folder "prefill_dapodik".

Setelah komputer / PC baru sudah terinstall aplikasi Dapodikdas, maka laptop / komputer tersebut sudah siap untuk dijadikan sebagai penerus perjuangan dalam mengentri data-data baru, berikut langkah-langkahnya :

1. Klik kiri pada “Start”.
2. Ketik pada kotak pencarian “Service local” (tanpa tanda petik / “ ), lalu klik “View service local”.
atau dengan cara Alternatif lain dengan input teks dengan kata kunci “Services.msc” lalu klik “Services”.

3. Klik kanan pada “DapodikdasDB” lalu klik “Stop”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

4. Selanjutnya, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Stop”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

5. Lalu salin atau pindahkan (Copy and Paste) file “Dapodikdas” yang ada dalam flash disc / CD Anda dari data base terbaru yang telah kita copy dari komputer sebelumnya ke drive “C” ==> pada folder “Program Files”, lalu akan muncul “Confirm Folder Replace”, klik “Yes”.

6. Setelah itu akan muncul lagi tampilan konfirmasi “Copy File:” – "There is already a file with the same name in this location”, maka klik / checklist dulu “Do this for the next conflicts” pada bagian pojok kiri paling bawah, kemudian klik “Copy and Replace”.


7. Tunggu proses “Copy and Replace” database Dapodikdas 2013/2014 ini hingga selesai, lama tidaknya proses “Copy and Replace” relatif, tergantung pada besar kecilnya ukuran/volume data / file tentunya.

8. Setelah selesai proses “Copy and Replace” tadi, silahkan langsung menuju ke halaman “Service Local” untuk mengaktifkan kembali 2 file yang sebelumnya kita “Stop” tadi, agar database Dapodikdas 2013/2014 dapat progress kembali di komputer/laptop baru, caranya seperti pada no. 1 sampai 3 di atas, namun pada klik kanan “DapodikdasDB” lalu klik “Start”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

9. Terakhir, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Start”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

10. Kemudian, silahkan "login" ke aplikasi Dapodikdas pada laptop / PC Anda yang baru tadi, seperti biasanya.

11. Pemindahan Selesai.

Jika bisa melakukan seperti diatas dan urut sesuai dengan petunjuk diatas maka akan berhasil data anda di pindahkan. Jadi anda tidak perlu repot repot lagi input data mulai dari awal lagi. Selamat mencoba.
Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel Cara Memindahkan Data Dapodikdas bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.

0 Response to "Pindah Data DAPODIK ke Laptop Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel