-->

List

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Datang di Blog Guru SDN 27 Lawang Kidul Tanjung Enim Sumatera Selatan

KKG Gugus VIII Kec. Lawang Kidul

Guru adalah salah satu profesi yang sangat menentukan masa depan peserta didik. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya seorang guru harus mampu mamfasilitasi peserta didik untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan yang dipersyaratkan dalam satuan dan tingkat pendidikan.secara garis besar tugas guru dapat disebutkan sebagai berikut.
    1. Melakukan proses belajar yang mengajar
    2. Melakukan evaluasi
    3. Melakukan analisis hasil evaluasi
    4. Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan
    5. Melakukan kegiatan bimbingan
    Dalam tulisanku kali ini akan membahas bagian yang kedua yaitu tugas guru dalam melakukan evaluasi.
    Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam menguasai kompetensi-kompetensi yang sudah distandarkan pada jenjang dan tingkat pendidikan tertentu. Untuk melakukan kegiatan ini seorang guru harus benar-benar mempersiapkan alat evaluasi yang tepat untuk mengukur kemampuan peserta didik. Berikut ini aku akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam menentukan butir-butir soal evaluasi.
    1. Membuat kisi-kisi soal
    Tujuan dari pembuatan kisi-kisi soal adalah untuk membuat rambu-rambu dan acuan dari menyusun rumusan soal. Kisi-kisi soal dapat dijadikan gambaran awal seperti apa butir-butir evaluasi yang akan dibuat. Hal-hal yang penting yang harus ada dalam membuat kisi-kisi soal adalah sebagai berikut.
    • Kompetensi Dasar
    Kompetensi dasar diambil dari kompetensi dasar mana yang akan diukur penguasaanya. Kompetensi dasar dipetik langsung dari Standar Isi Kurikulum 2006 yang dikeluarkan oleh pemerintah.
    • Materi
    Materi adalah materi pelajaran yang pernah dipelajari oleh siswa yang merupakan isi dari kompetensi dasar yang ingin diujikan.
    • Indikator Soal
    Indikator soal berbeda dengan indikator pembelajaran. Indikator soal merupakan diskripsi dari soal-soal yang ingin dibuat dan indikator soal ini harus mampu mengukur penguasaan dari indikator pembelajaran.
    • Bentuk Soal
    Merupakan bentuk soal yang dibuat, apakah pilihan ganda, uraian, unjuk kerja atau tes lisan.
    • Nomor Soal
    Merupakan nomor urut soal pada naskah soal. Nomor soal hendaknya ada keajegan dari struktur materi pembelajaran.

0 Response to "KKG Gugus VIII Kec. Lawang Kidul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel