-->

List

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Datang di Blog Guru SDN 27 Lawang Kidul Tanjung Enim Sumatera Selatan

Cara Mudah Membuat KTI untuk Naik Pangkat bagi Guru PNS


Karya Tulis Ilmiah merupakan hasil laporan Penelitian. Untuk dapat membuat laporan penelitian si penulis perlu melakukan penelitian di tempatnya bertugas. Kegiatan Penelitian pada umumnya di lakukan oleh seorang guru ditempatnya mengajar sesuai dengan kelas yang Ia ampu, karena tujuan penelitian adalah untuk Pengembangan Profesinya dibidang peningkatan mutu pembelajrannya. Pada umumnya bentuk Penelitian yang di lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). 

KTI Laporan hasil penelitian pada umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu : 
Bagian Pendahuluan   yang terdiri dari Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Keterangan Kepala Perpustakaan, Pernyataan Penulis Bebas Plagiat, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran serta Abstrak ( jika diperlukan). 
Bagian Isi yang umumnya terdiri dari  5 Bab yang harus di penuhi yaitu :
Bab I Pendahuluan yang berisi tentang Latar Belakang Masalah, Identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian.
Bab II Kajian Pustaka berisi tentang Teori toeri para ahli dibidangnya ( lihat judul KTI ) 
Contoh Judul KTI : Peningkatan Hasil Belajar Matematika 
Siswa Kelas IV SD Negeri 27 Lawang Kidul Tentang Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Alat Peraga  Kartu  Positif dan Kartu Negatif
Jika dilihat dari contoh Judul KTI tersebut ada beberapa kata yang di tebalkan itulah yang harus kita cari teori pendapat para ahlinya Hasil Belajar, Matematika, Alat Peraga serta Kartu Positif dan Negatif ( Biar mudah buka di Google ) 
Bab III Metode Penelitian   dalam Bab ini akan membahas tentang Setting Penelitian, Prosedur Penelitian, Pengumpulan Data, Analisis data dan Indikator Keberhasilan.
(Kunci keberhasilan PTK ada pada Bab III)
Bab  IV Hasil dan Pembahasan pada bab ini setidaknya akan membahas tentang gambaran subjek penelitian sebelum tindakan penelitian ( Prasiklus) dilanjutkan dengan tindakan ( Siklus 1 dan 2) dan pada akhirnya didapatkan hasil yang di inginkan pada penelitian ini. Pada bab ini juga disertakan Foto-foto kegiatan Penelitian di kelas, nilai siswa tertinggi dan terendah ( asli ) tabel nilai, serta grafik tingkat keberhasilan siswa setiap siklusnya.
Bab V Kesimpulan dan Saran  pembahasan terakhir pada bab ini yaitu kesimpulan yang di ambil dari data bab I – IV serta saran yang di tujukan kepada guru yang akan mengadakan penelitian. 

Bagian penunjang biasanya disertakan Daftar Pustaka serta lampiran-lampiran. 

Beikut akan kami bagikan contoh PTK : 

0 Response to " Cara Mudah Membuat KTI untuk Naik Pangkat bagi Guru PNS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel